hormon kandung kemih Uncategorized

BAHAYANYA INFEKSI SALURAN KEMIH PADA WANITA!!!

hello sahabat razie, kamu sudah tau belum tentang infeksi saluran kencing dan bahaya nya infeksi saluran kencing pada wanita? yukk cek artikel admin kali ini dijamin top deh 😀 jangan lupa like and share nya ya sayang 🙂

Pengertian Infeksi Saluran Kemih:

Hasil gambar untuk pengertian infeksi saluran kemih

Infeksi Saluran Kemih (ISK) yaitu merupakan infeksi yang dapat terjadi di bagian dalam sistem saluran kemih seseorang: ginjal, ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih) kandung kemih dan uretra (saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih) kandung kemih dan uretra (saluran yang menghubungkan kandung kemih dengan lingkungan luar) Namun ISK paling sering terjadi disaluran kemih bagian bawah (kandung kemih dan uretra)

Karena saluran uretra wanita lebih pendek dibandingkan laki-laki, wanita memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami resiko infeksi saluran kemih dibandingkan laki-laki. Pada laki-laki berusia di bawah 50 tahun, angka ISK jarang terjadi, namun di atas 50 tahun angka kejadiannya meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Faktor yang membuat wanita bisa mengalami infeksi saluran kencing:

Hasil gambar untuk saluran kencing

Infeksi saluran kencing merupakan infeksi yang bisa terjadi di bagian manapun pada sistem kemih Anda, bisa menyerang ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Sebagian besar infeksi biasanya menyerang saluran kemih bawah, yaitu kandung kemih dan uretra.

Nah, infeksi saluran kencing ini biasanya banyak menyerang kaum wanita dibandingkan kaum pria. Banyak faktor pada wanita yang mendukung terjadinya infeksi saluran kencing ini.

Penyebab infeksi saluran kemih:

Hasil gambar untuk kandung kemih

beberapa pemicu yang dapat menyebabkan infeksi saluran kencing, diantaranya:

1. Ada penghalang atau yang menghalangi saluran kencing seperti batu ginjal

Hasil gambar untuk batu ginjal

2. Adanya kesulitan untuk mengeluarkan semua urin yang terdapat pada kandung kemih

Hasil gambar untuk Adanya kesulitan untuk mengeluarkan semua urin yang terdapat pada kandung kemih

3. Penggunaan alat kontrasepsi seperti diafragma dan kondom

Hasil gambar untuk kondom

4. Sistem daya tahan tubuh yang lemah karena penyakit atau kemoterapi

Hasil gambar untuk kemoterapi

5. Pada laki-laki dapat juga dipicu oleh pembesaran kelenjar prostat

Hasil gambar untuk pembesaran kelenjar prostat

Gejala infeksi saluran kemih:

Hasil gambar untuk gejala infeksi saluran kemih

  1. infeksi saluran kencing juga memiliki beberapa gejala. Berikut ini adalah gejala yang perlu diperhatikan:
  2. Urin yang berwarna keruh atau bahkan berdarah
  3. Keluarnya bau tidak enak dari urin tersebut
  4. Keinginan untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya
  5. Adanya kram di bagian perut bawah
  6. Demam hingga 38 derajat Celsius
  7. Adanya perasaan gelisah atau kebingungan

Bagaimana cara mencegah infeksi saluran kencing?

Hasil gambar untuk infeksi saluran kemih

  1. Bersihkan kelamin dengan air bersih.
  2. Jika membasuh vagina (untuk wanita), lakukan pola dengan  membersihkan dari arah depan menuju belakang (vagina menuju anus). Hal ini dilakukan agar bakteri dari anus tidak menyebar ke organ intim.
  3. Selalu ganti pakaian dalam setiap hari atau dua kali sehari jika Anda merasa sudah tak nyaman.
  4. Jangan biasakan menahan kencing.
  5. Minum air mineral yang cukup, 8 gelas perhari.
  6. Biasakan buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seksual

Pengobatan alami apa saja yang bisa dilakukan untuk infeksi saluran kencing?

Hasil gambar untuk infeksi saluran kemih

Selain pengobatan secara medis, ada beberapa cara alami yang dapat dicoba untuk menyembuhkan infeksi saluran kencing, seperti:

1. Minum air putih

Hasil gambar untuk minum air putih

Minum air putih secara teratur setiap hari bisa menjadi langkah awal untuk mengobati infeksi saluran kencing. Atau Anda bisa berkonsultasi ke dokter Anda tentang berapa gelas air putih yang harus dikonsumsi setiap harinya. Faktanya, delapan hingga sepuluh gelas per hari dapat membantu menghilangkan bakteri melalui urin yang dikeluarkan. Jika Anda memiliki penyakit seperti batu ginjal, ada baiknya didiskusikan dengan dokter Anda tentang berapa gelas air putih yang dapat dikonsumsi setiap hari.

Jika Anda terkena infeksi saluran kencing, ada baiknya Anda mengurangi minuman yang berwarna dan mengandung kafein seperti kopi, teh, dan soda. Kafein dapat memperparah infeksi saluran kencing. Selain kafein, Anda juga harus menghindari minuman beralkohol, minuman manis, jus jeruk, jus lemon, jeruk nipis, dan anggur.

2. Jangan menahan buang air kecil

Hasil gambar untuk menahan kencing

Usahakan untuk memantau kapan Anda harus buang air kecil. Jangan pernah  menahan-nahan buang air kecil, karena menahan buang air kecil dapat menyebabkan bakteri semakin berkembang di dalam kandung kemih Anda. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah Anda harus buang air kecil setelah berhubungan seks dengan pasangan Anda, hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko bakteri yang masuk lebih dalam ke saluran kencing.

3. Mengonsumsi vitamin C

Hasil gambar untuk konsumsi vitamin c

Anda memang diminta untuk tidak meminum minuman seperti jeruk, tetapi Anda dapat menemukan vitamin C pada buah-buahan yang berwarna hijau atau Anda bisa mengkonsumsi tomat, buah yang paling mudah ditemukan. Ketika Anda mengkonsumsi vitamin C, ini akan membuat urin Anda asam dan ini baik untuk mengurangi bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kencing.

4. Gunakan kompres panas

Hasil gambar untuk gunakan kompres panas

Bantal kompres panas dapat ditemukan di toko-toko yang menjual alat-alat kesehatan. Menurut Dr. Rivers yang dikutip di Everyday Health, menggunakan bantal panas dapat meringankan rasa perih atau sakit pada area kandung kemih. Cara menggunakannya adalah dengan tidak mengaplikasikannya langsung ke kulit, gunakan kain sebagai pemisah. Gunakan hanya untuk waktu 15 menit untuk menghindari rasa terbakar.

5. Gunakan pakaian yang nyaman

Gambar terkait

Gunakan pakaian dengan bahan yang dapat membuat kulit bernapas, seperti celana dalam katun, celana longgar bukan celana jeans, baju yang longgar, hal ini diperlukan agar tidak terasa lembap sehingga bakteri yang ‘hinggap’ pun berkurang.

6. Perhatikan kebersihan area kandung kemih

Hasil gambar untuk kebersihan kandung kemih

Selalu memperhatikan kebersihan sanitasi yang digunakan. Tidak menggunakan spray atau sabun pembersih kewanitaan, bilas daerah genital dengan cara dari depan ke belakang, lalu keringkan. Hal ini untuk menghindari kuman yang berpindah tempat ke saluran kencing. Ketika mandi, lebih baik menggunakan shower daripada berendam di bathtub. Gunakan sabun yang fragrance-free

7. Gaya hidup sehat

Hasil gambar untuk gaya hidup sehat

Ganti gaya hidup Anda seperti makanan yang dikonsumsi, sebaiknya lebih sering mengkonsumsi buah dan sayur. Lebih sering mengkonsumsi air putih dibanding minuman berasa selain jus, atau minuman kemasan. Tidak merokok. Selalu menjaga kebersihan pakaian yang akan dipakai sangat penting.

 

 

Related posts

Leave a Comment