kesehatan wanita
kanker serviks Kesehatan wanita Majakani Razie Aceh Nyeri haid Uncategorized

CIRI-CIRI DAN CARA PENCEGAHAN KANKER SERVIKS

Hai sahabat razie, udah tau belum tentang kanker serviks,, nah kali ini kami akan bahas tentang kanker serviks mulai dari pengertian, ciri-ciri dan pencegahan kanker serviks. semoga bermanfaat, jangan lupa share ya.. ūüėÄ

Pengertian kanker serviks:

kesehatan wanita

Kanker serviks yaitu kanker yang muncul di leher rahim perempuan, leher rahim ini bermanfaat sebagai pintu masuk menuju menuju rahim dari vagina. Semua perempuan dari berbagai usia beresiko menderita kanker serviks.  Akan tetapi penyakit ini cendrung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual. Pada tahap pertama, kanker servis biasanya tidak memiliki gejala, gejala kanker serviks paling umum adalah pendarahan pada wanita yang terjadi setelah berhubungan seks, diluar masa menstruasi atau setelah monoupose.

Ciri-ciri wanita kena kanker serviks:

Kanker serviks membutuhkan proses yang sangat panjang yaitu antra 10 hingga 20 tahun untuk menjadi sebuah penyakit kanker yang pada mulanya dari sebuah penyakit yang berawal dari infeksi. sebab itu, disarankan bagi perempuan untuk melakukan tes pap smecr setidaknya 2 tahun sekali, melakukan tes iva (inveksi visual dengan asam). Meskipun penyakit ini bisa dikaatakan misterius dalam tahap awal namun ciri-ciri berikut bisa menjadi petunjuk buat perempuan apakah dirinya mengidap gejala kanker serviks apa tidak:

  1. Keputihan yang tidak biasa, keluar cairan berlebih, biasanya bewarna merah muda atau berbau busuk
  2. Saat berhubungan intim selalu merasakan sakit, bahkan sering disertai dengan darah
  3. Mengalami keputihan yang berlebihan disertai dengan perdarahan yang jumlahnya berlebihhan
  4. Sering merasakan sakit pada daerah pinggul
  5. Mengalami sakit pada saat buang air kecil
  6. Pada saat menstruasi darah yang keluar berlebihan
  7. Badan lemas dan mudah lelah
  8. Menstruasi lebih panjang dari pada biasanya
  9. Hilangnya kontrol kandung kemih
  10. Mengalami rasa sakit pada bagian paha
  11. salah satu paha mengalami pembengkakan
  12. Nafsu makan yang menurun
  13. Berat badan tidak stabil walaupun tidak dalam proses diet
  14. Susah untuk buang air kecil
  15. Mengalami perdarahan spontan tidak dalam masa menstruasi atau dalam masa monoupose

Virus yang menjadi penyebab kanker serviks :

Di tahun 2012, WHO menyatakan penderita kanker serviks lebih dari 270 ribu kasus kematian pada penduduk perempuan. Sedangkan dijumlah kasus yang baru pengidap penyakit kanker serviks meningkat menjadi 445 ribu pada tahun 2012

Kanker serviks yaitu kanker yang muncul di leher rahim wanita, leher rahim ini sendiri yang berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim vagina, penyakit ini cendrung dialami wanita yang aktif secara seksual,terlibat perempuan muda yang berumur berkisaran 20an yang sudah sangat aktif berhubungan seksual, virus ini bisa menyebar melalui kontak kulit ke kulit.

Penelitian menemukan bahan 99,7 persen kanker serviks disebabkan oleh hpv, hpv adalah salah satu golongan virus dimana terdapat  lebih dari 100 jenis hpv. Virus hpv pada umumnya menyebar melalui hubungan seksual, dimana terjadi kontak langsung antara kulit kelamin, dan melalui seks oral. Setelah memulai hubungan seksual, diperkiraan terdapat 33 persen wanita yang rentan terinfeksi hpv.

Cara pencegahan kanker serviks :

Cara pencegahan kanker serviks yang paling ampuh adalah dengan melakukan tes dan screening serviks untuk mengetahui kondisi virus HPV. Virus HPV menjadi penyebab kanker serviks dan menyebar akibat infeksi pada kelamin yang menular dengan cara hubungan seksual. Saat ini kanker serviks menjadi penyakit kanker yang menjadi urutan pertama yang berbahaya dan banyak diderita perempuan didunia. Hal ini karena kanker serviks sangat sulit dideteksi sejak gejala awal, kebanyakan kanker serviks diketahui setelah tumor tumbuh dalam stadium lanjut. Tetapi terjadinya kanker serviks sebenarnya dapat kita cegah, beberapa langkah pencegahan kanker serviks yang bisa kita terapkan mulai sekarang :

1.Melakukan pap smear

Cara mencegah kanker serviks yang paling umum dilakukan dengan tes pap smear, pap smear yaitu alat skrining untuk mendeteksi  adanya kanker serviks. Perempuan harusnya mulai melakukan tes pencegahan kanker serviks sejak berumur 21 tahun hingga 29 tahun, Setidaknya perempuan menerima tes pap smear setiap 3tahun sekali. Percobaan untuk tes HPV tidak boleh digunakan untuk skrinning jika masih dalam usia 21 sampai 29 tahun, kecuali memang untuk digunakan ketahap yang lebih lanjut yaitu tes pap smear yang abnormal. Akan tetapi buat perempuan yang berumur sekitar 30 hingga 65 tahun diwajibkan melakukan tes pap smear dan tes HPV setiap 5 tahun sekali. Perempuan sangat berisiko tinggi untuk terkena kanker serviks.

Kapan sih bagusnya melakukan dan memperhatikan waktu untuk melakukan pap smear yang benar dan tepat:

  1. Menjadwalkan untuk melakukan tes pap smear dengan periode menstruasi dianjurkan 5 hari setelah menstruasi berhenti
  2. Jangan menggunakan jeli atau krim lainnya pada vagina sebelum melakukan tes
  3. Jangan melakukan hubungan seksual sebelum tes

2.Melakukan suntik vaksin HPV

 

Vaksinasi dalam kanker serviks sebaiknya dilakukan untuk pencegahan sejak awal karena 70-80% kanker serviks disebabkan oleh adanya infeksi virus hpv tipe 16 dan 18. Vaksin hpv adalah vaksin yang tidak hidup akan tetapi tetap melindungi diri kita dalam penyakit kanker serviks. Perlindungan untuk vaksinasi HPV dapat sangat diharapkan bertahan lama akan tetapi vaksinasi ini masih memerlukan skrinning karena vaksin tidak bisa melindungi semua jenis HPV yang menyebabkan kanker serviks

HPV sendiri dibagi menjadi 2 macam yaitu:

  1. HPV yang berisiko tinggi yang menyebabkan kanker
  2. HPV yang beresiko rendah yang tidak menyabkan kanker

Memberikan vaksinasi  buat anak perempuan yang berumur 11-12 tahun sangat dianjurkan, jenis yang direkomendasikan untuk pencegahan kutil pada kelamin bagi anak perempuan adalah vaksin HPV4, yang juga dapat diberikan kepada anak laki-laki yang berusia 9 hingga 26 tahun. Vaksin di berikan sejak usia dini dikarenakan anak perempuan mendapatkan vaksin sebelum hubungan seksual pertama dan juga mereka belum mengetahui HPV. Untuk anak perempuan vaksin dapat mencegah hampir 100%.

Resiko dari vaksin HPV

Sama halnya dengan obat lainnya, vaksin HPV memiliki efek samping tetapi tidak menimbulkan efek samping yang serius, diantaranya:

  • Nyeri pada bagian yang di suntikkan
  • Demam ringan
  • Terdapat kemerahan atau bengkak pada bagian yang disuntik
  • Sedikit gatal-gatal

3. Berhenti merokok

Merokok juga salah satu penyebab dari kanker serviks, berhenti merokok atau menghindari asap rokok merupakan salah satu cara untuk mencegah kanker serviks. Bahaya rokok yang bisa menyebabkan kanker termasuk kanker serviks adalah karena adanya zat yang terkandung dalam rokok terdapat ribuan zat kimia yang bisa membahayakan kesehatan.

Salah satu dari zat tersebut adalah nikotin, tar, dan karbon monoksida. Karbon monoksida yang terdapat pada rokok jika terus menerus dihirup maka akan mengikat hemoglobin darah pada tubuh, kalau hal ini terus berlanjut maka darah akan kehabisan oksigen dan hal ini bisa memicu pertumbuhan sel kanker yang akan menyebar pada penyakit lainnya.

Faktor utama¬†penyebab kanker serviks¬†adalah virus HPV, dan virus tersebut akan sangat memberikan pengaruh besar atas resiko terkena kanker serviks melalui kombinasi dengan rokok. ¬†Hal ‚Äďhal yang dapat memicu kanker akibat rokok:

  • Asap rokok yang mencegah sistem imun bagi kekebalan tubuh untuk melawan virus HPV
  • Aktivitas virus hpv akan meningkat dengan rokok yang memiliki sifat karsinogen.
  • Zat karsinogen yang ada pada rokok akan memicu kerja virus hpv menjadi sel kanker.
  • 4. Tidak bergonta-ganti pasangan dalam berhubungan seksual

Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa wanita yang memiliki banyak pasangan dalam berhubungan seksual beresiko besar untuk terkena kanker serviks. Dengan bergonta-ganti pasangan hubungan seksual bisa beresiko besar terhadap virus hpv. Penularan virus hpv bisa terjadi jika organ intim anda bertransmisi satu dengan lainnya jika salah satu diantaranya terinfeksi virus tersebut. Meskipun anda menggunakan kondom dalam berhubungan, hal tersebut tidak banyak membantu karena dengan sentuhan kulit dengan bakteri yang terkandung seseorang juga dapat terjangkit virus hpv.

Beberapa ilmuan mempelajari efek dari virus hpv yang menular melalui hubungan seksual yang menyebabkan kutil kelamin. Dan selain itu, beberapa dari virus ini dapat juga menyebabkan pertumbuhan sel abnormal pada leher rahim dan kemungkinan besar akan berkembang menjadi kanker serviks. Dengan penelitian yang di lakukan, ilmuan menyimpulkan terdapat faktor lain yang mempengaruhi kanker serviks. Pasalnya wanita yang terinfeksi virus hpv tidak selalu menderita kanker serviks, begitu juga dengan wanita yang menderita kanker serviks tidak selalu ditemukan virus hpv. Dari penelitian tersebut terdapat 13 resiko tinggi virus hpv yang terkait dengan kanker serviks, yaitu dengan melakukan tes pada DNA virus  mengakuratkan dengan hasil analisis laboratorium dari pengumpulan sel-sel dari leher rahim.

  • 5. Hidup sehat

 

Gaya hidup sehat akan jauh lebih baik dari pada hidup yang tidak teratur sama. Selain menjaga kesehatan tubuh, memiliki gaya hidup yang sehat akan terhindar dari beberapa penyakit yang akan menyerang tubuh kita, baik itu penyakit ringan maupun penyakit terberat sekalipun. Melakukan gaya hidup sehat sehari-hari dengan memakan makanan sehat kaya akan serat dan vitamin serta melakukan olahraga secara teratur akan dapat meningkatkan kekebalan pada tubuh dengan memenuhi nutrisi untuk tubuh dengan baik dan mengurangi resiko terserang dari segala penyakit. Tidak bisa di pungkiri bahwa cara mencegah kanker serviks yang cukup penting adalah menjaga kesehatan agar kondisi fisik kita tidak lemah.

  • 6. Menggunakan alat kontrasepsi

 

  • alat kontrasepsi ini wajib dilakukan agar memberikan efek pencegahan yang efektif¬† karena dapat menghindari dari infeksi virus hpv. Kontak langsung saat¬† berhubungan akan menambah resiko terkena infeksi virus hpv yang merupakan penyebab utama kanker serviks yang harus kita waspadai.

 7. Cara Mencegah Kanker Serviks Dengan Pendekatan Agama

Selain bisa dicegah dengan cara-cara diatas¬† mendekatkan diri kepada agama juga sangat penting lo, mengapa ? kita sama ‚Äď sama mengetahui bahwa¬†gonta ganti pasangan adalah salah satu¬†penyebab kanker serviks. Dan , dengan kesetiaan pada pasangan dan taat agama tidak pindah-pindah pasangan sangat penting untuk menghindari kanker serviks. Agama harus di jadikan tameng untuk memberantas penularan virus HPV, karena kanker serviks merupakan jenis kanker yang paling banyak membunuh di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

8. Konsumsi makanan pencegah kanker serviks

Dengan memilih jenis makanan yg sifatnya tidak karsinogenik ternyata cukup ampuh menghindarkan seorang wanita dari kanker mematikan ini. Apa aja jenis makanan pencegah kanker serviks itu? Seperti kubis, brokoli, alpukat, rasberry, bluberry, blackberry, teh hijau, cokelat yang mengandung flavonid, tomat, minyak zaitun, buah jeruk dan wortel.

 

 

Related posts

Leave a Comment