BAHAYA IUD kanker serviks program hamil Uncategorized

FAKTA-FAKTA KB IUD DAN BAHAYANYA

Hello sahabaat razie, kali ini mimin akan bahas fakta-fakta dan bahaya KB IUD 😀 Pasti teman-teman semua  ada yang belum tau bahayanya KB IUD ini buat kesehatan kan?? yuk dibaca artikel mimin ini buat info lebih jelasnya, semoga bermanfaat ya sahabat razie, dan jangan lupa di share 😀

Pengertian IUD:

KB IUD yang memiliki bentuk seperti huruf “T” ‘dimana dipasang didalam rahim untuk mencegah kehamilan. KB IUD bisa disebut juga dengan spiral, IUD terbagi dalam 2 jenis yaitu:

  1. IUD yang berlampisi tembaga
  2. IUD yang menghasilkan hormon progesteron

Tentu saja, kedua jenis KB IUD ini memiliki beberapa cara yang berbeda dalam mencegah kehamilan.

Cara kerja IUD:

IUD yaitu alat kontrasepsi yang cukup ampuh untuk mencegah kehamilan. Jika dilihat dari jenisnya alat kontrasepsi  IUD ini dilapisi dengan tembaga, dan akan bekerja dengan cara mencegah sperma masuk ke tuba falopi (saluran antara rahim dan indung telur) sehingga tidak dapat bertemu dengan sel telur.

Sementara IUD yang merangsang hormon progesteron akan menyebabkan penebalan lendir pada leher rahim yang bisa membuat sperma sulit masuk kedalam rahim. Selain itu IUD jenis ini juga dapat menipiskan dinding rahim yang seharusnya menebal saat pembuahan terjadi.

Salah satu tipe KB IUD progesteron juga dapat digunakan untuk mengurangi  aliran darah untuk wanita yang memiliki menstruasi yang terus terasa sakit.

Apakah KB IUD Efektif?

IUD adalah alat pencegah kehamilan yang efektif jika dibandingkan dengan alat kontrasepsi lainnya. Kedua IUD sangat efektif dalam mencegah kehamilan.

Bahkan kehamilan dapat dicegah ketika pertama kali kamu memasang KB IUD didalam tubuh. IUD bertahan dalam waktu yang lama. Selain itu IUD tembaga dapat bertahan antara 10 tahun dan IUD progesteron dapat bertahan dari 3-5 tahun (tergantung dari merek dagang)

IUD adalah kabar baik untuk orang yang belum siap untuk berkeluarga. Namun saynangnya, IUD tidak bisa melindungi anda dari penyakit menular sexsual (kanker serviks) sehingga kamu membutuhkan kondom saat berhubungan.

Efek samping KB IUD:

Efek samping KB IUD adalah:

  1. Untuk pemakaian pertama, kamu akan mengalami menstruasi secara tidak teratur
  2. Periode menstruasi akan terasa keram diperut jika kamu menggunakan IUD tembaga
  3. Jika kamu menggunakan KB IUD progesteron, periode menstruasi kamu jadi lebih ringan bahkan kamu tidak mengalami menstruasi sama sekali.
  4. Dengan KB IUD harmonal, kamu akan merasakan sakit kepala, jerawat, mual dan nyeri pada payudara.

Selain itu, beberapa orang mengalami masalah yang jarang terjadi pada banyak orang seperti:

  1. Lepasnya IUD: IUD dapat lepas dari rahim wanita secara tidak sengaja, Kadang wanita tidak tahu apa yang terjadi, selama kamu memasang IUD kamu harus memeriksakan diri kedokter minimal 3 bulan pertama dari pasang IUD.
  2. Lubang rahim pada wanita IUD dapat menembus dinding rahim saat dipasang
  3. Penyakit peradangan pelvis memiliki resiklo sangat rendah terhadap infeksi dari bakteri yang masuk ke rahim saat IUD dipasang

Yang disarankan menggunakan IUD:

KB IUD adalah alat kontrasepsi yang terbaik untuk wanita. Namun, apabila kamu memiliki masalah sebagai berikut kamu tidak boleh menggunakan KB IUD:

  1. Menderita penyakit radang pelvis atau infeksi menular seksual yang aktif
  2. Sedang hamil atau mau mengikuti program hamil
  3. Memiliki masalah dengan rahim seperti penyakit atau mengalami pendarahan abnormal.

Prosedur memasang IUD:

Kamu bisa memasang kb spiral kapan saja, selama kamu tidak hamil dan memiliki infeksi pelvis. Namun baiknya KB spriral digunakan bagi kamu yang sudah pernah hamil sebelumnya. Pasalnya wanita yang belum pernah hamil  lebih rentan merasakan sakit dan kram setelah pemasangan KB spiral. Prosedur pemasangan KB implan membutuhkan hanya dibutuhkan waktu lebih kurang 15 menit dan IUD hanya bisa dilalukan oleh dokter.

Apakah IUD bisa lepas dengan sendirinya??

KB IUD memang bisa lepas dengan sendirinya, tapi kemungkinan ini sangatlah tipis dan resiko nya kecil. alasan yang menyebabkan IUD keluar dengan sendirinya:

Kemungkinan terbesar IUD lepas karna prosedur pemasangan yang kurang tepat dan keadaan pasien yang tegang ketika dilakukan prosedur pemasangan sehingga posisi IUD tidak terletak pada posisi yang normal. Jika hal ini terjadi, kamu perlu meriksakan keadaan kembali dengan dokter untuk memastikan KB spiral tersebut ditempatkan dengan benar.

Bolehkah IUD dilepas sebelum waktunya?

Gambar terkait

Kontrasepsi jenis ini bisa dilepas kapan saja, misalnya kamu ingin program hamil lagi. Setelah IUD dikeluarkan dari leher rahim biasanya wanita merasakan kram perut dan menstruasi 1-2 hari.Namun jika tekad kamu tidak ingin hamil lagi, maka baiknya IUD harus sering diperiksakan secara rutin kedokter dan diganti  dengan masa IUD yang kamu gunakan.

Kelebihan dari pasangnya IUD:

Selain efektif mencegah kehamilan, penggunaan KB IUD lain juga memiliki kelebihannya, yaitu:

  1. KB IUD bisa dilepas kapan saja
  2. Setelah IUD dilepas, kesuburan bisa kembali dengan normal
  3. Mengurangi resiko terkena kanker serviks dan kanker endometrium
  4. Tidak membuat gemuk seperti penggunaan kontrasepsi pil
  5. Untuk penggunaan KB IUD hormon, efeknya akan mengurangi rasa nyeri, kram, dan mampu menurunkan resiko kehamilan ektopik

Related posts

One Thought to “FAKTA-FAKTA KB IUD DAN BAHAYANYA”

  1. […] bentuk kontrasepsi juga dapat mengakibatkan siklus menstruasi Anda tidak teratur. Penggunaan pil KB, suntik KB, m  […]

Leave a Comment