Kista Majakani Razie Aceh Uncategorized

GEJALA KISTA PADA WANITA YANG WAJIB KAMU KETAHUI

hello sahabat razie, kali ini mimin akan bahas tentang gejala-gejala kista. sahabat razie sendiri sudah tau belum apa aja gejala kista itu?? yukk kepoin artikel admin kali sahabar razie ūüôā semoga bermanfaat ya sahabat razie ūüėÄ

Apa Itu Penyakit Kista?

Gambar terkait

Kista adalah kantong-kantong jaringan yang terbentuk di bawah permukaan kulit. Kantong-kantong ini biasanya berisi cairan, nanah, atau udara. Bentuk kista itu sendiri kistik dan ada yang seperti anggur. Kantong kista bisa membesar, tapi ada juga yang ukurannya tetap. Jika kista membesar dan pecah, akan menimbulkan rasa sakit bagi penderita.

Kista digolongkan kepada tumor yang jinak, dan sering ditemukan pada organ reproduksi perempuan. Walau begitu, jika tidak ditangani dengan benar kista dapat berkembang menjadi kanker. Kista terdiri dari banyak jenis, dan yang paling sering ditemui adalah kista ovarium yang berhubungan dengan indung telur wanita. Kenali penyebab dan gejala penyakit kista agar kamu para wanita lebih waspada akan penyakit ini.

Penyakit kista pada umumnya menyerang wanita yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit serupa pula. Kaum wanita harus berhati-hati menjaga kesehatan kewanitaannya agar terhindar dari penyakit berbahaya ini, banyak dari kita para waniita yang belum tau penyebab kista ini. Alasannya bermacam-macam, ada yang karena kurang pengetahuan atau juga karena ciri-ciri yang sulit dideteksi. Menurut sebagian dokter memang mengatakan bahwa kista cukup sulit dideteksi pasalnyam gejala kista mungkin serupa dengan gejala penyakit lain yang lantas diremehkan oleh si penderita.

Gejala-gejala kista yang wajib kamu ketahui :

 1.Nyeri perut bagian bawah

Hasil gambar untuk nyeri perut bagian bawah

Gejala kista pada wanita yang pertama adalah nyeri perut pada bagian bawah. Apabila Anda sering mengalami nyeri pada perut bagian bawah, dan nyeri tersebut terasa cukup menyakitkan, maka Anda patut waspada dan segera memastikan kondisi tersebut pada dokter. Gejala kista yang pertama ini adalah gejala yang paling sering diremehkan sebab rasa sakitnya mirip seperti nyeri ketika haid.

2. Darah haid sangat banyak

Hasil gambar untuk darah haid sangat banyak

Gejala kista yang kedua adalah darah yang dikeluarkan saat haid sangat banyak, lebih banyak daripada biasanya atau justru terlalu sedikit, sehingga terkesan tidak normal. Anda juga patut waspada apabila siklus haid Anda tidak normal.

3. Sering merasa ingin buang air

Hasil gambar untuk pengen buang air

Gejala yang ketiga adalah sering merasa ingin buang air besar atau buang air kecil (anyang-anyangan). Sampai pada tahap ini, dapat disimpulkan penyebab dari keinginan si penderita untuk sering buang air adalah karena jaringan kista yang terus membesar hingga menekan kandung kemih, sehingga tidak dapat menampung banyak air seni.

4. Perubahan siklus haid

Hasil gambar untuk perubahan siklus haid

Gejala kista berikutnya adalah perubahan pola haid, seperti yang sudah disebutkan pada poin kedua. Anda harus curiga apabila pola haid Anda berubah, misalnya terlambat haid atau pendarahan di antara periode haid yang tidak wajar.

5. Masa menstruasi menyakitkan

Hasil gambar untuk sakit perut

Wanita yang sehat memiliki siklus haid kurang lebih 28 atau 30 hari sekali, dengan masa haid paling lama sekitar 7-9 hari. Rasa nyeri yang mungkin muncul ketika haid biasanya disebabkan karena luruhnya sel telur bersama dengan darah, dan rasa nyeri pada perut ini pun tidak akan terlalu sakit. Namun, pada penderita kista, gejala kista mungkin timbul dapat ditandai dengan masa haid menyakitkan, dan berlebih. Gejala kista dapat dilihat dari rasa sakit luar biasa dan mengganggu saat haid, serta masa haid yang lebih lama dari biasanya.

6. Kemunculan jerawat yang tidak wajar

Gambar terkait

Saat menstruasi, biasanya perubahan timbul pada wanita seperti perubahan hormon yang mengakibatkan perubahan emosi dan kondisi tubuh. Pada periode menstruasi, jerawat biasanya muncul pada wajah. Namun, pada penderita kista, gejalanya dapat ditandai pula melalui kemunculan jerawat yang abnormal. Jerawat pada penderita kista cukup mengganggu dan parah, tidak seperti jerawat akibat menstruasi pada umumnya.

7. Nyeri perut disertai mual dan muntah

Gambar terkait

Selanjutnya, gejala kista pada wanita dapat ditandai dengan nyeri perut hebat disertai mual dan muntah. Gejala yang berikut ini mirip juga dialami para penderita maag akut. Namun, pada penderita kista, perbedannya adalah apabila nyeri perut ini sudah berlanjut selama beberapa hari, tidak hanya sekali namun berkali-kali, dan umumnya terjadi saat haid.

8. Terasa benjolan keras pada perut

Hasil gambar untuk benjolan kista

Apabila nyeri perut tersebut sangat parah rasa sakitnya, biasanya akan menimbulkan benjolan pada perut si penderita. Ini adalah gejala keenam yang bentuknya konkret. Anda harus curiga apabila di perut Anda terdapat benjolan aneh yang tidak pernah Anda miliki sebelumnya. Agar tidak membesar dan menjadi penyakit kista, segera periksakan pada dokter apakah betul benjolan tersebut disebabkan kista atau mungkin karena Anda memiliki riwayat penyakit lain.

9.Perut membesar

Hasil gambar untuk perut kista

Apabila kista makin membesar di dalam perut, maka penderita dapat merasakan perubahan terjadi pada perutnya, seperti pembesaran perut misalnya. Akibat tidak segera ditangani, maka kista tersebut makin membesar di dalam perut.

10.Kegemukan (obesitas)

Hasil gambar untuk kegemukan

Sejalan dengan pembesaran ukuran kista ini, gejala kista berikutnya yang nampak dan dapat dilihat secara langsung adalah penderita mengalami kegemukan (obesitas), walaupun pola makan dan olahraganya normal sekalipun. Ini tidak wajar apabila Anda tidak menderita kista.

11. Pinggang bagian belakang terasa sakit dan mudah nyeri setelah beraktifitas

Hasil gambar untuk pinggang terasa nyeri

Pembaca, perlu diketahui, kista ini dapat pecah di dalam tubuh. Apabila pinggang bagian belakang Anda terasa sakit, atau Anda memiliki keluhan mudah merasa nyeri pada beberapa bagian tubuh setelah melakukan aktivitas berat, maka dapat diindikasikan apabila kista tersebut sudah pecah. Salah satu penyebab dari pecahnya kista adalah akibat benturan fisik, misal kecelakaan atau saat berhubungan seks sekalipun.

12.Rasa sakit seperti digigit semut

Gambar terkait

Anda dapat mengetahui apakah gejala tersebut termasuk gejala kista atau bukan dengan mencermati rasa sakit yang ditimbulkan. Rasa sakit dari gejala kista biasanya berupa rasa sakit seperti digigit semut, dan rasa sakit ini menyebar pada bagian tubuh seperti perut kiri bagian bawah dan kanan secara bergantian.

13. Terjangkit diabetes dan kemandulan

Hasil gambar untuk mandul

Apabila kista tidak ditangani dengan tepat dan terus tumbuh dalam tubuh wanita, maka penyakit-penyakit lain dapat menyerang penderita pula, seperti diabetes dan kemandulan.

baca juga: menyembuhkan kista dengan majakani aceh razie

Related posts

Leave a Comment