hormon kandung kemih kanker serviks Keputihan Razie asli Uncategorized

PENYEBAB MENOPOUSE DINI DAN CARA MENGATASINYA

hello sahabat razie admin kali ini akan membahas apa ajasih penyebab menopouse diusia dini dan gimana cara mengatasinya, baca artikel admin kali ini ya semoga bermanfaat ­čÖé jangan lupa like and share nya ya say ­čÖé ­čśÇ

Pengertian Menoupose:

Hasil gambar untuk menopause dini

Menaupose adalah fenomena berhentinya produksi hormon reproduksi perempuan sehingga menyebabkan seorang perempuan tidak mengalami siklus menstruasi. Pada umumnya menaupose terjadi saat usia 45-55 tahun. Seorang perempuan dikatakan mengalami menaupose dini apabila menaupose sudah terjadi dibawah usia 40 tahun. Berikut beberapa fakta terkait menaupose dini pada perempuan:

Menopause Dini Berbeda Dengan Kegagalan Ovarium Dini:

Hasil gambar untuk kegagalan ovarium dini

Banyak yang berpendapat bahwa menopause dini disebabkan oleh kegagalan ovarium dini, namun kenyataannya tidak demikian. Meskipun memiliki gejala dan efek sama, menopause dini tidak dapat disembuhkan karena ovarium sudah berhenti menghasilkan hormon secara normal. Sedangkan kegagalan ovarium dini disebabkan oleh defisiensi hormon dan dapat diatasi dengan terapi hormon estrogen.

Penyebab Menoupose Dini:

1. Kegagalan Ovarium Secara Prematur

Hasil gambar untuk wanita terkena kanker ovarium

Pada kondisi ini ovarium tidak lagi berfungsi secara normal saat usia seorang wanita belum mencapai 40 tahun. Wanita dengan kegagalan ovarium prematur masih bisa menstruasi.

2. Genetik

Hasil gambar untuk genetika ibu dan anak perempuan

Peneliti meyakini usia menopause seorang wanita terkait dengan genetik. Umumnya masa menopause seorang wanita tak jauh berbeda dengan ibunya. Jika si ibu mengalami menopause dini, maka anak perempuannya berisiko lebih tinggi mengalami hal yang sama.

3. Terapi Radiasi Dan Kemoterapi

Hasil gambar untuk Terapi radiasi dan kemoterapi
Pengobatan kanker atau penyakit lain yang menggunakan kemoterapi atau terapi radiasi di sekitar panggul dapat menyebabkan menopause dini. Hal ini disebabkan terganggunya ovarium untuk berfungsi normal.

4. Tindakan bedah

Hasil gambar untuk bedah
Operasi yang dilakukan untuk mengangkat ovarium karena berbagai alasan dapat menyebabkan menopause dini.

5. Obat-Obatan Dan Penyakit Lainnya

Hasil gambar untuk obat obat dan paket lainnya
Menopause dini juga dapat disebabkan oleh efek samping obat-obatan, penyakit kronis, tumor pada kelenjar hipofisis (pituitari) dan hipotalamus, serta gangguan psikis. Selain itu, penyakit HIV/AIDS penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis, kelainan kromosom seperti sindrom Turner, serta sindrom kelelahan kronis juga dapat menyebabkan menopause dini.

6.Kebiasaan merokok

Hasil gambar untuk wanita merokok
Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang dapat memengaruhi terjadinya menopause. Beberapa penelitian mengungkap bahwa wanita yang merokok cenderung mengalami menopause lebih cepat dibandingkan wanita yang tidak merokok.

7. Indeks Massa Tubuh

Hasil gambar untuk Indeks Massa Tubuh
Hormon estrogen banyak disimpan di dalam jaringan lemak tubuh. Wanita yang terlalu kurus memiliki lemak tubuh yang sedikit. Akibatnya, hormon estrogen yang tersimpan berjumlah lebih sedikit, dan ini akan memengaruhi fungsi indung telur serta sistem reproduksi.

Cara Mengatasi Menaupose Dini:

Hasil gambar untuk solusi

Menaupose dini tidak bisa diobati atau dicegah dengan pengobatan atau perawatan tertentu, Ada beberapa cara mengatasi gejala yang mungkin timbul. Berikut beberapa penganan medis untuk meringankan gejala menaupose dini:

1. Terapi Hormon

Hasil gambar untuk terapi hormon

Terapi hormon atau terapi estrogen merupakan cara paling efektif untuk mengontrol gejala menaupose dini, seperti hot flush atau rasa panas dan kering pada vagina. Terapi hormon ini tersedia dalam berbagai bentuk termasuk pil, patch, semprotan transdermal, gel dan krim, serta sediaan untuk penggunaan intravaginal. Penggunaan terapi ini sebaiknya dengan dosis terendah, karena dapat meningkatkan resiko serangan jantung, stroke, hingga kanker payudara.

2. Pil KB

Hasil gambar untuk pil kb
Kontrasepsi oral merupakan bentuk lain terapi hormon yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala menopause.

3. Obat Antidepresan

Hasil gambar untuk Obat antidepresan
Golongan obat selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI) bisa membantu meringankan gejala hot flush pada menopause dini.

4. Gel, Krim Dan Pelumas Vagina Non-Hormonal

Hasil gambar untuk Gel, Krim Dan Pelumas Vagina Non-Hormonal
Pelumas ini dapat membantu mencegah kekeringan pada vagina di masa menopause.

5. Teknologi Reproduksi Bantuan

Hasil gambar untuk Teknologi reproduksi bantuan
Wanita dengan menopause dini akan menghadapi masalah infertilitas atau sulit punya momongan. Namun demikian, kehamilan tetap bisa diusahakan melalui cara lain, yakni dengan donor sel telur.

Beberapa Efek Menaupose Dini:

Hasil gambar untuk efek menopause dini

1. Gangguan emosi seperti mood dan depresi

2. Kulit, mata, dan mulut terasa kering

3. Vagina terasa lebih tipis dan kurang fleksibel

4. Menurunnya libido

5. Tubuh sering merasa panas dan keringat

6. Mudah lelah

7. Tulang keropos

8. Tidak dapat memiliki keturunan

9. Lebih rentan terhadap penyakit jantung dan stroke

10. Lebih rentan terhadap kanker usu dan ovarium

11. Lebih rentan penyakit gusi dan gigi

 

Related posts

Leave a Comment