Keputihan Kesehatan wanita

Sabun khusus vagina mampu mencegah keputihan, benarkah? cek dulu Fakta berikut!

Sabun Khusus Vagina

Hai SahabatRazie

Dalam tulisan Mitos atau Fakta Seputar Kesehatan Wanita kali ini, admin akan membahas tentang benarkah sabun khusus wanita mampu mencegah keputihan??

Pembahasan kali ini agak sensitif ya? hohoho karna banyak sekali jenis sabun khusus vagina yang mengklaim bahwa produknya sangat baik untuk mencegah keputihan. tapi apakah benar?? gimana menurut para ahlinya?
Yuk cek pembahasan berikut.

Catatan : tulisan Mitos atau Fakta Seputar Kesehatan Wanita yang admin tulis selalu didasarkan informasi yang dapat dipercaya, bukan karangan admin atau sumber yang masih “katanya”. Isi tulisan admin adalah rangkuman dari informasi yang didapat dari penelitian ahli atau dokter.

Perlu diketahui sebelumnya, Vagina adalah organ yang memiliki mekanisme pertahanan sendiri. Vagina memiliki cairan vagina dan lingkungan alami yang cenderung asam yaitu skala ph 3-4. Dalam lingkungan alami ini ada mikroorganisme baik yang hidup didalamnya, dan jika terjadi ketidakseimbangan pada lingkungan alami ini yang mengakibatkan ph dan mikroorganisme ini terganggu, maka dapat merusak pertahanan alami vagina sehingga menyebabkan vagina mudah terkena penyakit dari luar.

Cairan Vagina berfungsi untuk mekanisme pembersihan vagina, yaitu menghanyutkan sel kulit mati dan benda asing yang masuk ke vagina.

Keasaman Vagina berfungsi untuk membunuh atau untuk menekan pertumbuhan bakteri tidak baik yang masuk ke V.

Menurut Nina Helms, seorang ahli kesehatan seksual, ada 2 peran bakteri baik yang berperan menjaga keasaman vagina, dua bakteri ini adalah lactobacillus dan corynebacterium. kedua bakteri ini memproduksi antibiotik alami bernama bakteriosin untuk mengurangi bakteri lain yang memasuki vagina.

Jadi Cairan V, Keasaman V dan Bakteri baik adalah pertahanan V yang tidak boleh dirusak, Jika anda ingin memiliki Vagina yang sehat dan bersih. mekanisme pertahanan inilah yang akan mencegah anda dari keputihan, atau penyakit V lainnya.

Dan banyak ahli dan dokter sepakat, untuk membersihkan vagina adalah cukup  dengan membasuh vagina bagian luar dengan air bersih saja.

Lalu gimana dengan sabun khusus vagina?

Penggunaan pembersih vagina termasuk sabun memang menimbulkan sensasi bersih, kesat, dan wangi bukan? tapi berhati2lah, Menurut para ahli kesehatan, termasuk orang-orang di American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), Anda harus menghidari pembersih vagina. Pembersih tersebut dapat mengganggu keseimbangan asam di dalam vagina.

Dan juga menurut mayoritas dokter, sabun khusus vagina boleh digunakan tapi hanya untuk rambut dan bagian terluar vagina. dan tidak ada pernyataan dari dokter bahwa sabun khusus vagina ampuh untuk mencegah keputihan.

Mengapa?

Tahukah anda kebanyakan dari sabun adalah basa? Skala > 7, sedangkan Vagina haruslah asam skala 3-4. maka ketika anda menggunakan sabun,  keasaman Vagina menjadi berkurang sehingga kemampuan membunuh dan menekan pertumbuhan bakteri jahat jadi terganggu. Selain itu penggunaan sabun juga membunuh bakteri baik sehingga keasaman PH vagina tidak terjaga lagi.

 

Olehkarena itu mayoritas dokter menyarankan sebaiknya penggunaan sabun untuk v hanya sekedarnya saja dan hanya untuk bagian terluar saja. dan tidak menganjurkan pemakaian harian dan sabun yang memiliki wangi yang pekat.

nah jadi, jika V anda baik2 saja, tetap jaga kebersihannya dengan membasuh dengan air bersih ya..

Tapiii,,  jika mekanisme pertahanan Vagina sudah kalah dan anda mengalami keputihan, barulah anda membutuhkan produk khusus untuk membantu membersihkan vagina. ya bisa dengan menggunakan obat dari dokter atau dengan herbal alami yang telah terbukti bermanfaat untuk menyembuhkan keputihan.

Jangan khawatir zaman sekarang ini ilmu pengetahuan sudah semakin luas, obat herbal dan senyawa alami di alam sudah banyak yang diteliti dan diuji manfaatnya.. misalnya saja buah majakani, sirih, kunyit putih jelas memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menyembuhkan keputihan.

jadi gak kayak dulu lagi, banyak obat tradisional yang digunakan secara turun temurun tapi tidak diuji secara ilmiah.

Demikian dulu, Anda keputihan? yuk pake Majakani Aceh Razie, herbal alami asli indonesia 😀

Related posts

Leave a Comment