hormon Nyeri haid penebalan dinding rahim Uncategorized

CIRI-CIRI PENEBALAN DINDING RAHIM ,PENYEBABNYA DAN PENGOBATANNYA

hello sahabat razie, kali ini admin akan bahas masalah penebalan dinding rahim, kalian semua udah tau belum  apa aja penebab penebalan dinding rahim? yukk cek artikel mimin kali ini 🙂 semoga bermanfaat ya sahabat razie 😀 jangan lupa like and share nya ya 🙂 😀

Hasil gambar untuk penebalan dinding rahim

Pengertian penebalan dinding  rahim:

Penebalan dinding rahim adalah suatu proses di dalam tubuh seorang wanita dalam satu siklus haidnya. Ketika seorang wanita mengalami ovulasi atau pelepasan sel telur, dinding rahim seorang wanita akan menebal sebagai persiapan kehamilan jika sel telur berhasil dibuahi oleh sperma. Pembuatan sel telur oleh sperma yang terjadi di saluran telur akan berkembang kemudian melakukan pembelahan sel menjadi zigot, zigot menjadi embrio. Embrio lalu bergerak dari saluran telur atau tuba fallopi menuju ke dalam dinding rahim yang sudah mengalami penebalan. Gejala ini disebut dengan implantansi atau penanaman. Nantinya, embrio akan berkembang dan tumbuh perlahan-lahan menjadi janin seiring dengan berjalannya waktu.

Namun, apabila pada masa ovulasi atau pelepasan sel telur tidak terjadi pembuahan, maka dinding rahim yang telah menebal sebelumnya sebagai persiapan kehamilan akan luruh secara perlahan. Peluruhan dinding rahim atau endometrium dipengaruhi oleh turunnya kadar hormon estrogen dan progesteron setelah sel telur mengirimkan sinyal bahwa tidak terjadi pembuahan. Peluruhan dinding rahim ini akan berlangsung rata- rata satu minggu, dan peristiwa inilah yang dinamakan dengan mestruasi.

Hasil gambar untuk penebalan dinding rahim

Penyebab penebalan dinding rahim

Terjadinya penebalan dinding rahim atau hiperplasia endometrium berkaitan dengan tingginya kadar estrogen yang tidak diimbangi oleh kadar progesteron. Untuk diketahui, progesteron baru dibentuk jika terjadi ovulasi. Sebaliknya, tanpa ovulasi, tidak akan ada pembentukan progesteron. Akibatnya, sel-sel endometrium akan terus tumbuh dan menebal sebagai respons terhadap tingginya kadar estrogen.

Mekanisme tersebut juga dapat menjadi cikal-bakal mengapa penebalan dinding rahim kerap terjadi setelah menopause. Hal ini karena menopause menyebabkan ovulasi berhenti, dan progesteron tidak lagi dibentuk.

Selain menopause, penebalan dinding rahim juga bisa terjadi saat seorang wanita memasuki masa perimenopause (menjelang menopause). Ini karena perimenopause menyebabkan ovulasi menjadi tidak teratur.

Penyebab penebalan dinding rahim :

  1. Mengkonsumsi obat-obat seperti estrogen
  2. Menjalani terapi estrogen dosis tinggi setelah menopause
  3. Menstruasi tidak teratur, terutama yang berkaitan dengan penyakit PCOS (polycystic ovary syndrome) atau kemandulan
  4. Kegemukan atau obesitas
  5. Berumur di atas 35 tahun
  6. Tidak pernah hamil
  7. Baru menopause di usia yang sudah tua
  8. Mulai menstruasi di usia yang sangat muda
  9. Pernah mengidap penyakit tertentu, misalnya PCOS, penyakit empedu, atau penyakit tiroid
  10. Merokok

note: Estrogen adalah hormon yang penting untuk fungsi seksual dan reproduksi wanita. Sedangkan Progesteron adalah hormon yang dihasilkan oleh indung telur (ovarium) untuk menyiapkan rahim agar siap menjadi tempat berkembangnya sel telur yang sudah dibuahi.

Ciri-ciri penebalan dinding rahim:

1. Pendarahan

Hasil gambar untuk pendarahan

Adanya pendarahan yang keluar dari vagina di antara periode menstruasi. Pendarahan yang terjadi setelah menopause juga merupakan gejala penebalan dinding rahim yang tidak normal.

2.  Sakit saat berhubungan dengan pasangan

Hasil gambar untuk sakit saat berhubungan

Hiperplapsia endrometrium juga bisa menyebabkan sakit pada saat berhubungan dengan pasangan dan membuat kita menjadi tidak nyaman

3. Keluar darah menstruasi lebih banyak

Gambar terkait

Penderita hiperplapsia endometrium akan mengalami penebalan dinding rahim yang lebih tebal dari ukuran normal. Dampaknya, haid yang dihasilkan pada saat peluruhan di masa mestruasi pun akan lebih banyak dari pada biasanya

4. Periode haid yang panjang

Gambar terkait

Pada penderita hiperplapsia endometrium, rata-rata wanita menstruasi yang panjang dan kadang-kadang disertai dengan nyeri pada bagian perut. Jika seseorang rata-rata mengalami haid selama 7 hari, penderita hiperplapsia endometrium dapat mengalami periode menstruasi hingga belasan hari.

5. Siklus haid pendek

Hasil gambar untuk haid pendek

Selain periode menstruasi yang panjang, penderita penebalan dinding rahim juga mengalami siklus haid yang pendek. Akibatya, ia mengalami menstruasi lebih sering daripada orang pada umumnya.

6. Tidak menstruasi sama sekali

Hasil gambar untuk haid

Gejala hiperplapsia endometrium dapat berbeda antara yang satu dengan yang lain. Jika penderita satu bisa mengalami periode menstruasi yang panjang dan mengeluarkan banyak darah, ada juga yang bahkan tidak mengeluarkan darah haid atau tidak mengalami menstruasi sama sekali.

7. Gejala anemia

Hasil gambar untuk anemia

Akibat banyaknya darah yang keluar saat haid, penderita hiperplapsia endometrium dapat mengalami gejala anemia atau kekurangan darah, yang ditandai dengan rasa pusing, berkunang-kunang, badan letih, lemah, lesu, lelah, dan juga wajah terlihat pucat.

Pengobatan dinding rahim:

Tindakan kuretase selain untuk menegakkan diagnosa sekaligus sebagai terapi untuk menghentikan pendarahan.

Selanjutnya adalah terapi progesteron untuk menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Namun perlu diketahui kemungkinan efek samping yang bisa terjadi, di antaranya mual, muntah, pusing, dan sebagainya. Rata-rata dengan pengobatan hormonal sekitar 3-4 bulan, gangguan penebalan dinding rahim sudah bisa diatasi.

Jika pengobatan hormonal yang dijalani tak juga menghasilkan perbaikan, biasanya akan diganti dengan obat-obatan lain.

Terapi dengan herbal seperti majakanik razie:

Majakani razie adalah jamu yang sebenarnya, karna terbuat dari murni 100herbal dan diolah secara tradisional yang telah memenuhi standar sanitasi & higienis yang sesuai dengan standar LPPOM dan BPOM. Jamu herbal ini asli berasal dari daerah Aceh yang dikenal sebagai ahlinya jamu majakani yaitu kecamatan Teunom, Aceh Jaya.

Kelebihan Majakani Aceh Razie:

  1. Resep Asli sejak Nenek Moyang kami Siti Hawa Ibrahim sejak 1927.
  2. Memiliki Pabrik dan Perusahaan yang jelas dan terdaftar (No.TDP 011734600158).
  3. Segala proses produksi dan pengemasan dilakukan di pabrik milik sendiri. Oleh karena itu kualitas produk terjamin dan terjaga. (Bukan produk repacking)
  4. Setiap pembuatan jamu Majakani Aceh, diproses sesuai standar BPOM dan diawasi oleh tenaga apoteker dari dinas kesehatan setempat untuk menjamin kualitas dan keamanan produk.
  5. Jamu yang sebenarnya, dalam artian jamu yang dibuat tanpa bahan kimia tapi murni dari bahan herbal

 

 

Related posts

Leave a Comment